Sabtu, 10 November 2012

Gloomy Sunday

Gloomy Sunday

 Mungkin beberapa dari anda pernah mendengar lagu ini? sekedar mengulang fenomena urban legend versi dunia maya, saya akan menceritakan sedikit misteri di balik lagu Gloomy Sunday ini. Gloomy Sunday sendiri dikenal sebagai lagu "penganter" bunuh diri, karena cukup banyak kasus bunuh diri yangt erjadi setelah mendengar lagu ini. Awalnya lagu ini diciptakan pada tahun 1933 oleh seorang pianis sekaligus komposer otodidak asal Hungaria yaitu Rezső Seress dengan judul Szomorú Vasárnap dalam versi Inggris berarti Gloomy Sunday atau Minggu yang Kelam. Lirik lagu ditulis berdasarkan puisi karya László Jávor yang bercerita tentang seorang penyanyi yang depresi dan iakhirnya bunuh diri akibat kematian kekasihnya. Lantas kenyataanya,sesaat setelah lagu itu dirilis, László Jávor mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri.


Sesuai harapan, lagu Gloomy Sunday ini meledak di pasaran,  namun pada tahun 1968 secara mengejutkan Rezső Seress memilih mengakhiri hidupnya dengan loncat dari lantai 8 apartemennya. Belakangan baru diketahui alasan bunuh diri Rezső Seress karena dia merasa putus asa karena tidak pernah bisa membuat hit kedua setelah lagu Gloomy Sunday.
Lagu ini diterjemahkan dalam beberapa bahasa, seperti Inggris, Perancis, Finlandia dan Spanyol. Setelah melihat liriknya, saya langsung bisa memahami kata-kata penuh kesedihan dan rasa putus asa penulisnya. Berikt saya sertakan lirik asli Gloomy Sunday.

Sunday is gloomy,
My hours are slumberless
Dearest the shadows
I live with are numberless
Little white flowers
Will never awaken you
Not where the black coaches
Sorrow has taken you
Angels have no thoughts
Of ever returning you
Wouldn’t they be angry
If I thought of joining you?
Gloomy sunday
Gloomy is sunday
With shadows I spend it all
My heart and I have decided
To end it all
Soon there’ll be candles and prayers
That are said I know
But let them not weep
Let them know
That I’m glad to go
Death is no dream
For in death I’m caressi’n you
With the last breath of my soul
I’ll be blessin’ you
Gloomy sunday
Dreaming
I was only dreaming
I wake and I find you asleep
In the deep of my heart here
Darling I hope
That my dream never haunted you
My heart is tellin’ you
How much I wanted you
Gloomy sunday

Semenjak awal di ciptakannya lagu itu, banyak kasus bunuh diri terjadi disertai lantunan lagu Gloomy Sunday,ditambah saat Billie Holiday menyanyikannya kembali dan menjadi hits besar untuk kedua kalinya. Anehnya setiap lagu ini  diputar oleh beberapa stasiun radio, selama itu pula angka bunuh diri meningkat pesat. Termasuk didalamnya adalah kematian Billie Mackenzie, vokalis band The Associate yang bunuh diri pada tahun 1997 setelah  mengcover lagu Gloomy Sunday versi Billie Holiday.
Cukup memberikan teror pada masanya. Sampai pada akhirnya stasiun radio BBC Inggris mengeluarkan ultimatum bagi stasiun radio lain untuk tidak mengkumandangkan lagu tersebut secara umum.
Dan Gloomy Sunday menjadi sebuah legenda . . .

Sebagai tambahan saja, jika kalian penasaran dan ingin mendengarkan lantunan menyayat Gloomy Sunday ini, silakan li.hat versi english nya di :
http://www.youtube.com/watch?v=ToU4T5ygG-k&feature=search-tile
Semoga saja setelah mendengarkan lagu ini, tidak akan ada hal bodoh yang kalian lakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar